Selasa, 06 Juni 2006

TANTANGAN KULIT TELOR

Kulit telor adalah sejenis benda yang...
mungkin nggak akan pernah gue peratiin, nggak akan pernah gue pikirin,
kalau saja gue nggak punya ade yang membenci benda sebiji itu.

Nggak tau darimana asal muasalnya, sebab musababnya,
entah kenapa ade gue bisa jadi phobia sama yg namanya PECAHAN KULIT TELOR.

Kulit telor, gitu loh. What's the worst it can do? #-o

Coba, coba. :-?:-?
Ngelukain kulit...belum pernah tuh, gue denger ada kejadian begitu.
Ngelukain mata...astaga, masa sih ada yg ketuker antara kulit telor dengan contact lensnya?
Keracunan..coba mana, liatin ke gue berita orang tewas karena kulit telor!

Dan masih banyak lagi ledekan atau ejekan yg gue hujankan pada ade gue yang lucu tapi aneh itu, berkaitan dengan ketakutannya pada pecahan kulit telor. ;))

Tapi walaupun begitu, emang dasar gue kakak yang baik, gimana yah...
tanpa sadar, sebenarnya gue nggak menyepelekan hal itu di saat yg sebenarnya.
Saat sebenarnya maksud gue:
saat di depan kompor dan melakukan penggorengan terhadap cikal bakal anak ayam yang kurang beruntung itu.

Berkaitan dengan ke-ngeri-an ade gue terhadap telor eh maksud gue kulitnya telor, maka menyediakan hidangan bertelor adalah aktifitas yang selalu ada di bawah tanggung jawab gue.
Dan saat gue sedang melaksanakan tugas mulia tersebut, gue selalu penuh dedikasi. Serius, tidak main-main, dan khidmat. **=

Dan hasilnya...
tiap kali gue mendadar, mengorak-arik, mematasapi ataupun mencampur telor dengan bahan masakan lainnya, hampir nggak pernah ada pecahan kulit telor di dalam masakan tersebut.
Pokoknya peluang gue membuat kesalahan itu cuman sekitar satu persen, lah. /:)

@@@

Kemaren, ade gue itu berkunjung ke kota sebelah.
Gue tinggal sendiri di rumah, dan di malam hari tiba-tiba pengen makan mi pake telor.

Mi udah siap.
Giliran telor. Bikin mata sapi, ah.

Ctok. Gue mengetukkan si calon anak ayam gagal ke tepian meja ubin di dapur.
Retak. Tangan kiri menyambut, ikut membuka kulit telor agar lebih lebar dan isinya dapat keluar.
Cesss. Isi telor tiba di penggorengan yang sudah bermentega.

Gue menikmati pemandangan yg baru saja gue lukis di atas pan.
Ada danau putih dengan pulau kuning di tengahnya.
Tampak bagus, sempurna, dan pecahan kulit telor pun...
a..
..da.

Gue BENGONG.

KOK BISA, jerit gue dengan mata melotot marah ke arah kompor.
E..eh, bukan salah gue kan..., kata si penggorengan takut-takut.
Bukan salah gue juga, seru si spatula dengan gagah berani.
APALAGI GUE, teriak si telor dengan beringas.

Dengan pasrah, setelah si telor mateng dan gue angkat ke atas piring,
barulah gue lakukan pembedahan untuk mengangkat kista, eh pecahan kulit telornya. Sambil ngedumel-dumel dan masih saling teriak dengan si mata sapi.

Sejam kemudian, waktu gue udah kembali asyik dengan kerjaan semula gue,
entah kenapa pikiran tentang masakan telor yang nggak sempurna itu masih ada.

Gue nggak habis pikir.
Kenapa, waktu gue masak telor buat ade gue,
yang mana seringkali dia ada di sebelah gue,
memandang si telor dengan penuh khawatir sambil kira-kira 27 kali mengatakan "hati-hati, jangan sampe kulit telornya ikut",
gue bisa melakukannya dengan sukses?

Kenapa di saat gue super duper santai,
di saat nggak lagi mikir apapun,
di saat nggak ada beban atau tekanan apapun,
malah nggak bisa melakukannya dengan sempurna?

Bukannya katanya, orang selalu lebih susah sukses kalo dibebani ya?
Kok, dari pengalaman ini sama sekali nggak terbukti demikian?

Hmm...
Ternyata ada lho, yang lebih kuat dan bisa mengalahkan suatu BEBAN.
Perkenalkan, namanya: NIAT.

Waktu memasak buat ade gue, dengan beban yang berjuta-juta kali lipat lebih besar daripada waktu gue memasak buat sendiri, yang ada di benak gue cuma satu : memasak telor buat si ade, tanpa pecahan kulit telor.

Waktu memasak buat diri sendiri, yg ada di benak gue: nggak ada.

Nggak ada beban, tapi juga nggak ada niat sama sekali.
Gimana mau sukses?!?!



untuk Inke, si pembenci kulit telor


6 komentar:

Unknown mengatakan...

hahahah
what u risist persist.

dy, telor itu belom tentu bakalan jadi cikal bakal anak ayam. bisa aja telor yang ada di pasar ato supermarket itu adalah mens-nya ayam. bayangin aja. kasian ayam jantannya dong kalo harus melakukan ITU ke sekandang penuh ayam petelur :D

Anonim mengatakan...

adek lo blum pernah ketemu pecinta telor? ;D

petty mengatakan...

dy...
kocak banget :D

Anonim mengatakan...

hehe.. ko bisa ya ampe phobia gitu..
hmm, kayanya blm pernah deh ngalamin mecahin telor kulitnya ikut.. *scara jarang masak juga*

Anonim mengatakan...

hehehe...
moral of the story-nya bagus...
jadi niat sama beban menang niat ya.. :D

Anonim mengatakan...

This is very interesting site...
Faceial cum shots order generic tenuate for diet Order generic tenuate medicine Diet to lose bomy fat tenuate online How do late payments affect fico score log homes alabama tenuate 37 5 capsule phentermine for you boating north versailles pennsylvania Adipex diet health men http://www.funny-t-shirt-9.info/san-francisco-giant-jackets.html buy tenuate Cheap tenuate on line